Pengadilan Sebelum Di Salibkan

 

Sebelum disalibkan, Yesus harus menghadapi berbagai pengadilan. Pengadilan mana saja yang mengadili Yesus? Dan berapa kali Ia diadili? Berikut ayat referensi yang dapat di berikan mengenai hal ini. 

Lukas 22:66. Dan setelah hari siang berkumpullah sidang para tua-tua bangsa Yahudi dan imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu, lalu mereka manghadapkan Dia ke Makamah Agama mereka,
            Setelah Yesus ditangkap, orang-orang itu menahan dia dan mengolokolok Dia serta memukuli Dia. Setelah hari siang mereka berkumpul untuk menyidang Yesus. Sidang pertama itu dihadiri oleh para tua-tua bangsa Yahudi, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, sedang seorang imam bernama Kayafas (Matius 26:57) yang memimpin jalannya sidang itu. Ketika mereka menayai Yesus, tentang apakah Dia anak Allah? Yesus menjawab mereka “Engkau telah mengatakannya”. Sehingga orang banyak berteriak agar Ia dihukum mati karena telah menghujat Allah.
Lukas 23:1. Lalu bangkitlah seluruh sidang itu dan Yesus dibawa menghadap Pilatus.
            Setelah sidang itu, Yesus dibawa manghadap Pilatus untuk diadili. Pilatus mangajukan pertanyaan kepada Yesus, “Engkaukah raja orang Yahudi?” tetapi Yesus lagi-lagi hanya menjawab “Engkau sendiri mengatakannya.” Pilatus tidak mendapati kesalahan Yesus, sehingga ia mengirimkan-Nya kepada Herodes karena ia mendengar bahwa Yesus berasal dari Galilea, yang bertepatan waktu itu ia sedang berada di Yerusalam (23:6-7).
Lukas 23: 8. Ketika Herodes melihat Yesus, ia sangat girang. Sebab sudah lama ia ingin melihat-Nya, karena ia sering mendengar tentang Dia, lagipula ia mengharapkan melihat bagaimana Yesus mengadakan suatu tanda.
            Setelah itu, Yesus dihadapkan kepada Herodes dan ia sangat ingin berjumpa denganYesus, tetapi saat ia bertemu dengan-Nya ia malah ikut mengolok-olok Dia karena pengaruh dari orang banyak itu. Ia akhirnya mengembaikan-Nya lagi karena tidak didapatinya perbuatan yang setimpal dengan hukuman mati (Lukas 23:15).
Lukas 23:15. Dan Herodes juga tidak, sebab ia mengirimkan Dia kembali kepada kami. Sesungguhnya tidak ada satatu apa pun yang dilakukan-Nya yang setimpal dengan  hukuman mati.
            Setelah Yesus diperhadapkan kepada Herodes, Ia dibawa kembali menghadap Pilatus, karena ia juga tidak mendapati kesalahan yang dari pada-Nya. Sebenarnya Pilatus ingin membebaskan Yesus, tetapi kerena orang banyak akhirnya ia membebaskan Barabas yang adalah seorang pemberontak. Karena orang banyak itu menyerahkan Yesus karena kebencian mereka bukan karena kejahatan-Nya.
*      Demikianlah Yesus menghadapi 4 pengadilan. Yang pertama pengadilan yang dipimpin oleh Imam Besar Kayafas dan didapati Yesus berkata “Engkau yang mengatakannya” setelah mereka bertanya “Apakah engkau mesias?” sehingga Ia dihukum mati oleh mereka. Setelah itu Ia diperhadapkan kepada Pilatus, Herodes dan akhirnya kembali kepada Pilatus dan sesungguhnya mereka tidak mendapati sesuatu yang ada pada-Nya yang setimpal dengan hukuman mati.

Posting Komentar

0 Komentar